A.
LRC Sekolah
Ada beberapa LRC sekolah memiliki ciri
khas yang akan dipapar dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi.
1.
LRC Severn School USA
LRC ini dirujukan untuk Keunggulan Akademik
dan berfungs melayani kebutuhan semua pelajar serta membantu setiap pesema
didik mengidentifikasi dan bekerja dalam lingkungan mereka. Pengelola bertekad
mendukung upaya setiap peserta didik untuk mengembangan keterampilan dan
strategi belajar yang efektif. Lebih penting dan misinya adalah bekerja untuk
memastikan bahwa setiap peserta didik mengembangkan kesadaran diri dan
kepercayaan diri yang lebih besar pada kemampuan mereka sendiri, sehingga
mencapai keberhasila jangka panjang di Severn School
LRC ini adalah tempat yang menyenangkan
untuk berkumpul dan belajar dengan teman-teman mereka. "Saya suka bahwa
Anda menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu ketika Anda terjebak (Severn
Sophomore), Severn School adalah sekolah swasta persiapan atas sekolah
koedukasional diperuntukkan bagi peserta didik di prasekolah hingga kelas dua
belas, yang terletak di Severna Park, MD.
2. LRC Highlands School London
LRC ini memiliki koleksi 14.000 buku yang
mendukung literasi dan penelitian di seluruh sekolah Dilengkapi dengan
perpustakaan yang menyediakan sumber daya khusus non-fiksi dan mendukung
pengajaran dan pembelajaran. Tersedia juga banyak koleksi buku fiksi mulai dari
klasik dan sastra hingga buku olahraga. Dilengkapi dengan fasilitas komputer
yang dapat digunakan oleh guru sepanjang hari, setiap hari selama jam buka
LRC ini juga mengembangkan Inisiatif
Literasi Ini adalah semangat untuk membuat peserta didik membaca selama mereka
tinggal di Highlands dan telah memperkenalkan berbagai inisiatif untuk
mempromosikan membaca secara lebih mendalam. Secara terus menerus LRC Highlands School
memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik mengakses secara gratis
ratusan buku yang mereka butuhkan dari perangkat elektronik mereka di rumah
atau di sekolah. Dalam rangka menggantikan bacaan tradisional LRC juga telah
memfasilitasi agar peserta didik dapat membaca dari perangkat elektronik
terutama membantu pembaca yang enggan dan kesulitan membaca dari sumber bacaan
cetakan.
3. LRC
Westtown School Philadelphia USA
Misi dari LRC ini adalah untuk
memberikan bantuan kepada semua peserta didik yang ingin meningkatkan
pembelajaran mereka dengan memberikan layanan dan akomodasi yang diperlukan
dengan perbedaan pembelajaran terdokumentasi serta memberikan panduan kepada guru
yang bekerja dengan peserta didik melalul dukungan LRC. Artinya
LRC ini tidak hanya memberikan layanan terhadap para peserta didik melainkan
juga kepada guru yang membutuhkan. LRC ini berupaya untuk memberikan dukungan akademik umum
kepada peserta didik. Jika ada peserta didik yang mengalami kemunduran atau
masalah dalam satu bidang studi, maka tenaga khusus bidang studi tersebut siap
membantu mencari solusi sesuai dengan yang telah ditugaskan.
Ada yang unik dari pelaksanaan layanan
di LRC ini yaitu melaksanakan pelayanan dengan konsep tutor sebaya. Pada waktu-
waktu tertentu Staf LRC bekerja sama dengan pemimpin peserta didik untuk
merekrut, melatih, dan mencocokkan peserta didik yang tertarik dengan tutor
sebaya. Konsep tutor sebaya akan memudahkan proses pengayaan dan remedi yang
mungkin diperlukan oleh peserta didik.
LRC ini juga menyediakan bantuan
terhadap peserta didik mengalami
masalah kesehatan dan perlu mengejar ketertinggalannya di sekolah. Layanan ini
disebut dengan Dukungan Cuti Medis, LRC bekerja dengan peserta didik yang
kembali ke sekolah dari cuti medis untuk membuat rencana agar dapat
memfasilitasi mereka kembali ke ruang kelas. Kegiatan ini adalah memberikan
bimbingan kepada guru tentang harapan dan keterbatasan peserta didik saat
mereka melanjutkan pemulihan mereka menuju partisipasi penuh.
Kekhasan lain yang ada di sekolah ini
adalah kerja sama dengan fakultas pendidikan dengan program yang disebut
Inisiatif Otak. Tujuan dari
inisiatif otak ini adalah untuk membantu membawa temuan-temuan terbaru tentang
fungsi otak ke dalam kelas melalui pelatihan in-service untuk fakultas baru
tentang perbedaan pembelajaran, akomodasi, dan pembelajaran berbasis otak.
4.
LRC South High School Minneapolis USA
LRC pada South High School yang
beralamat di 3131 19% Avenue South Minneapolisting dirancang untuk memberikan
pembelajaran dan dukungan langsung kepada peserta didik penyandang cacat. Program Sumber
Daya menyediakan layanan pendidikan khusus untuk peserta didik dengan kondisi
khususnya sangat spesifik yang tidak berada dalam program di seluruh kota.
Ada
beberapa program khas dan unik yang disediakan antara lain sebagai berikut:
a.
Program Autisme
b.
Program Kecakapan
Hidup
c.
Program Kesehatan
Fisik (PKF) dan Lainnya
d.
Program Sumber
Daya
e.
Pusat Media
f. Program Konseling
5.
LRC TASIS School Switzerland
Learning Resource Center (LRC) di TASIS
menyediakan layanan yang dirancang untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman
pendidikan peserta didik, orang tua, dan staf pengajar di komunitas pembelajaran
LRC menawarkan berbagai program dan layanan, beberapa di antaranya dapat
diakses oleh semua anggota komunitas dan yang lain hanya tersedia untuk peserta
didik yang terdaftar di LRC
Bagi peserta didik yang membutuhkan
dukungan lebih intensif, LRC menyediakan dua jenis layanan tambahan. Remediasi,
dimana LRC mengatur dan memberikan pembelajaran "penarikan" khusus di
bidang akademik tertentu selama di sekolah, dan Tutorial Keahlian
Organisasi/Studi, yang dirancang untuk peserta didik yang memiliki kesulitan
dengan fungsi eksekutif.
6.
LRC Texas School Deaf (TSD)
Learning Resource Center dikelola dari
pukul 07:30-16:30, Senin hingga Jumat, untuk membantu peserta didik dan staf
dalam membuat materi dan menangani permintaan terkait media dan AV. Staf LRC
menyediakan layanan laminating, persediaan termasuk papan poster dan kertas
jagal, template die-cut, check-out peralatan audio visual, kamera, dan
peralatan video. Staf LRC mencakup dua teknisi audio visual, dan satu Asisten
Administrasi yang tersedia untuk menyiapkan peralatan yang digunakan pada
acara-acara kampus dan menyediakan cakupan fotografi dan video serta pengeditan
video untuk kegiatan sekolah.
TSD telah lama menjadi pemimpin dalam penggunaan
integrasi teknologi dan mereka telah membuat langkah besar maju dalam
melibatkan generasi digital. TSD menyediakan berbagai sumber daya teknologi
untuk staf dan peserta didik di semua tingkat pendidikan tidak terbatas pada:
Laptop dengan Webcam, Proyektor Digital, Kamera Dokumen, Kamera Video, iPod/iPads/Tablet,
Perangkat Respons Peserta didik, Ruang Kerja Grup, Web 2.0 Alat, Papan Tulis
Elektronik (ACTIVBoards) dan perangkat lunak kolaborasi berbasis web.
B.
LRC Perguruan Tinggi
1. LRC Saint Leo University USA
Pusat Sumber
Belajar ini memberikan bimbingan dan dukungan layanan akademis untuk semua
peserta didik Saint Leo University, LRC ini dikembangkan dengan pernyataan misi
sebagai berikut:
a.
Kami percaya
peserta didik bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri.
b.
Kami percaya semua
peserta didik dapat meningkatkan keterampilan akademik mereka.
c.
Pusat Sumber
Belajar didedikasikan untuk memberikan dukungan pembelajaran yang tepat untuk
membantu peserta didik dalam memenuhi potensi mereka dan mencapai tujuan
mereka.
LRC ini dapat dimanfaatkan oleh setiap
peserta didik yang ingin memperbaiki nilai atau pemahaman dalam suatu kursus
atau perkuliahan. Kebanyakan peserta didik butuh sedikit bantuan di suatu
tempat di sepanjang masa. Mungkin hanya dengan satu bab dalam fisika, atau
makalah penelitian sejarah yang sulit untuk menyelesaikan dan masalah-malah
lainnya. LRC adalah tempat untuk mencari bantuan yang diperlukan berhasil
mencapai tujuan yang diinginkan.
Ada beberapa fokus bentuk layanan yang
disediakan antara lain sebagai berikut:
a. Layanan Disabilitas
b.
Layanan Bimbingan Belajar
c.
Layanan Smarthinking
d. Belajar Tambahan
2.
LRC Miamy University USA
Di kampus Miami University lebih
menekankan pada Audiovisual Services, layanan konsultasi terutama yang
berkaitan dengan desain, pengembangan, produksi serta pemanfaatan media audio
visual untuk pembelajaran baik untuk internal Universitas media maupun klien
eksternal. Pengelola LRC, melibatkan tim profesional dari beberapa keahlian
yang dapat mendukung jenis layanan yang ada. Begitu juga di Audio Visual
Service (AVS) yang ada di Miami University, pengelolanya terdiri dari tim
profesional teknisi A/V yang mengetahui seluk-beluk semua kebutuhan pementasan,
audio, dan video.
a. Layanan Audio Vusial Service (AVS)
AVS didedikasikan untuk bekerja sama dengan masing-masing
dan setiap klien yang memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan di sini didukung
paket yang disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan menyediakan peralatan mutakhir
yang mencakup sistem suara dan mixer, proyektor dan televisi, peralatan
penerangan, dan didukung pengalaman bertahun-tahun, AVS membuat semua pelayanan
menjadi lebih sempurna.
b. Beberapa Produk
AVS
Selain memberikan pelayanan jasa, LRC ini juga
menyediakan produk yang dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan. Produk-produk
tersebut antara lain:
1) audio players
and recorders;
2) mics & sound equipment,
3) presentations accessories;
4) swithchers;
5) video conferencing equipment;
6) screens & plasma monitor.
3. LRC University of Portland USA
LRC University of Portland melayani
misi Universitas Seni dan Ilmu Pengetahuan dengan memberikan dukungan yang
komprehensif pembelajaran termasuk asisten rekan untuk menulis, matematika,
pidato, proses kelompok, dan bahasa internasional, serta beberapa komputer
untuk belajar bahasa dan Penasihat Bantuan Belajar profesional.
Beberapa bantuan
layanan yang diberikan dalam LRC ini antara lain sebagai berikut:
a. Bantuan Layanan Konseling Belajar
b. Layanan Bantuan Kelompok
c. Layanan Bantuan Bahasa Internasional
d. Layanan Matematika Resource Center
e.
Layanan Program
Terpadu Menulis
4.
DRC (Disabilitas Resource Center) Utah State University USA
Utah State University memiliki Pusat
Sumber Belajar yang bernama Merrill Library and Learning Resources Program
(MLLRP). Misi utamanya Merrill mendukung universitas menciptakan lingkungan
belajar yang lebih baik untuk pembelajaran. MLLRP tersebut memiliki Dividi
Desain dan Produksi yang memfokuskan pada media cetak (meliputi layanan grafis,
fotografi, percetakan, dan editorial), dan Dividi Telekomunikasi (meliputi
layanan siaran televisi, radio, dan video).
DRC memiliki misi
khusus untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik penyandang cacat agar
memiliki akses ke pendidikan berkualitas, dukungan, dan sumber belajar sehingga
dapat berpartisipasi penuh dalam program dan layanan yang disediakan.
Layanan yang
Disediakan DRC:
1)
Academic Advising
2)
DSC Career Center
3)
Health and Wellness Center
4)
Tutoring Center and Writing Lab
5)
Financial AID
6) Vocational Rehabilitation
7) Accessible Housing
5.
LRC University of Sydney Australia
Layanan Pusat Sumber Belajar
(Operasional):
1)
Unit Sistem Pembelajaran di Universitas Sidney di Australia
Sumber
Belajar Online
a) Successful Writing at Universitas adalah Situs
web yang berisi daftar sumber daya untuk membantu peserta didik dalam menulis
Tesis/Skripsi yang lebih baik.
b) Getting Your Message Across in Science adalah
Situs yang menyediakan panduan dan contoh-contoh bagaimana memberikan
presentasi lisan yang sukses dan bagaimana membuat sebuah poster tersebut.
Gambar-gambar yang autentik presentasi peserta didik diberikan dalam Sekolah
Ilmu Biologi digunakan untuk menggambarkan keterampilan presentasi. Selain itu,
kegiatan evaluasi kedua presentasi lisan dan poster juga disertakan.
c) Write Site menyediakan dukungan online untuk
membantu peserta didik maupun dosen
dalam mengembangkan keterampilan menulis akademis dan profesional. Ada modul
tata bahasa, menggunakan sumber-sumber data penugasan yang terstruktur dengan
baik.
d) WRISE (menulis laporan Ilmu Pengetahuan dan
Rekayasa) adalah sebuah situs online lingkungan belajar yang dirancang untuk
membantu peserta didik maupun dosen dalam mengembangkan dan meningkatkan
kemampuan menulis laporan dalam ilmu pengetahuan dan rekayasa.
e) iWrite Situs yang berisi tutorial interaktif
untuk membantu peserta didik teknik meningkatkan penulisan peserta didik pada
tahun 1. Hal ini berguna untuk peserta didik menulis tesis tahun ke-4 atau ke-3
atau laporan proyek.
f) Help Yourself menyediakan jawaban cepat untuk
pertanyaan yang paling umum dari masalah peserta didik, dari tahun pertama
peserta didik PhD Eksakta. Laman ini juga mencakup link untuk mengikuti untuk
informasi lebih rinci.
g) Situs Clearer Writing adalah sebuah kursus
interaktif online untuk meningkatkan kejelasan tulisan peserta didik maupun
dosen, dengan fokus utama pada struktur yang baik dan paragraf masuk akal.
2.
Unit Produksi di Universitas Sidney Australia
a) Sumber Belajar Independen
Dalam Sumber Belajar Independen
Universitas ini menyediakan
(1) modul tata
bahasa inggris dasar bagi peserta didik luar negeri
(2) tata cara
penulisan dengan kohensif;
(3) tata cara
penulisan tugas akademik;
(4) tata cara
penulisan esai
(5) strategi
belajar untuk keberhasilan peserta didik;
6) keterampilan
belajar,
(7) catatan kuliah
orientasi;
(8) penulisan essai.
b) Sumber Belajar Statistik di Perpustakaan
Pusat Sumber
Belajar statistik di perpustakaan dilakukan dengan cara berikut.
(1) People and place
Online melalui
Katalog Perpustakaan, yang diterbitkan oleh Forum Australia untuk studi populasi
(Monash, Swinburne).
(2) Journal of population research
Online melalui Katalog Perpustakaan,
sebuah peer-reviewe, jurnal internasional yang menerbitkan karya mengenai
demografi dan masalah yang berhubungan dengan populasi.
(3) Intermedia keterampilan generik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar